The most important thing in life is not the triumph but the struggle - Habibie

Asikin 'Arjuna' Aja

Gunung arjuna, merupakan gunung di daerah jawa timur dengan ketinggian 3339 mdpl. Di arjuna terkenal cukup amat mistis, gimana nggak?, deket puncak nya aja banyak kuburan. Gunung yang satu ini punya tetangga yaitu Gunung welirang yang merupakan gunung dengan kawah belerang aktif. Ada banyak jalur yang biasa ditempuh buat ke gunung arjuna antaranya via batu, purwosari, lawang maupun teretes.
Awal sih rencana main ke ketinggian 3339 mdpl, Cuma ber 4 doang Gua Nopal Runi dan Topan. H-1 mau berangkat Rendy dan Sule pengen banget ikut butuh refreshing gara-gara kuliah yang bener-bener super boring. So tanggal 07 juni 2014 gua prepare hiking ke Gunung Arjuna, bareng temen-temen kuliah. Perlengkapan hiking, kondisi fisik, dan logistik harus bener-bener oke.

Buat perlengkapan hiking waktu itu kayak tenda, matras, nesting dan kompor kita  sewa di langganan kita di ‘edelwish adventure – (Sam Mufid)’. Normalnya sih orang kalo sewa perlengkapan paling Cuma butuh 20 menit kelar langsung cabut. Bakal beda kalo di sini sekali main kesana buat sewa, saking asik ngobrol nya bisa smape 3 jam. Recommended banget lah alat-alat outdoor disini. Selanjutnya logistik sayur, beras, buah, sosis dan roti-roti belanja di pasar. Sayur dan buah recommended banget lah buat naik gunung ke manapun, solnaya tubuh butuh banyak nutrisi dan energy buat pendakian. Kalo bisa sih gausah bawa mie instan.

Tanggal 8 Juni 2014, start dari kosan si topan berangkat sarapan dan langsung ke base camp gunung arjuna yang ada di batu.  Pendakian via Batu ga ada sumber air jadi banyak-banyak bawa air minum dan pastiin anggota pendakian lo gak jadi monster air (mau nya bawa air tapi dihabisin sendiri). Jarak base camp perizinan dan satar pendakian cukup jauh jadi kita masih pp pake motor sampe ke jalur awal pendakian. Hal yang jadi PR di pendakian kali ini yaitu Sule dan Rendy yang baru prtama kali naik gunung, dan langsung ke arjuna. Tapi gua bikin enjoy dan asik aja lagian ada si topan yang porterable dari fisik sampe energy (no offense).

Kita mulai jalan jam 12:00 pm, normal sih perjalanan buat sampe ke tempat bangun tenda yaitu bukit kembar sekitar 4-5 jam, berhubung kita pendaki santai jadi sekitar jam 18:00 kita baru sampe di tempat camp. Jalurnya sih cukup asik nanjaknya lumayan dan relatif landai dibanding  jalur lainnya, di jalur ini juga didominasi semak-semak yang kadang bikin bingung arah jalan. Ada spot yang keren dimana ada lubang-lubang yang keluarin uap, asli keren abis sih. Kita sampe di spot itu sekitar jam 16:45 seklian rehat buat shalat.

Smapai tempat camp, bagi tugas buat diriin tenda dan masak. The happiest of hike is here !!!, dimana lo ditenda bisa ngobrol-ngobrol asik sama temen-temen lo, bagi pengalaman, main kartu dan saling ejek. Jam 23:00, kita semua sudah wajib tepar buat persiapan summit besoknya. Rencana awal sih mau start ke puncak jam 04:30 am, biar gak kemamlaman waktu balik ke batu. Namanya juga capek pasti ngaret, jadi kita start jalan ke puncak sekitar jam 05:45 am. Butuh waktu sekitar 6 jam dari bukit kembar tempat kita camp buat ke puncak gunung arjuna.

Jalur menuju puncak arjuna lumayan terjal, bikin ngos-ngosan pake banget, untungnya view yg ditawarin super awesome jadi capeknya masih kersa tapi wort it lah. Finally !!!! kita sampe puncak setikar jam 11:30 am. Dari puncak arjuna lo bisa lihat gunung-gunung lain  di area jawa timur, kayak bromo, semeru, maupun gunung buthak. Puas foto-foto buat abadiin momen, kita turun dari sana sekitar jam 12:.30 am, dan sampai ke tempat camp sekitar jam 3 sore. Istirahat bentar sambil masak lalu packing tenda kita turun dari sana sektitar jam 5 sore.

Trek malam arjuna menanti, arjuna yang terkenal mistis dan emang mistis sih, mengiringi perjalanan turun  rombongan gua. Dari mulai Nopal yang katanya ngelihat sesuatu, lalu ketemu pendaki yang agak aneh waktu malam, samape denger bunyi aneh. Tanpa rasa berani dan banyak takut gua sih bodo amat, yang penting saling menghargai makhluk tuhan. Tips buat pendakian waktu malam, baiknya jarak antar rombongan rapat dan dibikin enjoy nan asik, jadi ga ada yang ketinggalan maupun duluan. Akhirnya sampe di tempat base camp sekitar jam 10 malam, agak lama sih gara-garanya jalur banyak cabang dan hutanya yang relatif rapat serta banyak semak jadi harus hati-hati biar ga nyasar, gausah buru-buru yang penting semua selamat sampe tujuan utama yaitu kasur dikosan masing-masing. Turun dari batu ke malang kita sempetin pembalasan dengan makan 'delicious rawon' di batu kota.

Well, that’s my lil story of Arjuna Mountain. Thank you for reading, and stay on my page :D.

Notes.

#Estimasi Biaya
Sewa perlengkapan -/+ 250.000 (dibagi 6)
Logistik  -/+ 150.000 (dibagi 6)
Simaksi 90.000 (dibagi 6)

#Estimasi waktu pendakian

Base camp - bukit kemabar 5 jam
Bukit kembar - puncak 6 jam

1. What a lovely sight! I couldn't understand most of what you said but I tried reading it anyway :) language is an amazing thing and I felt your passion about what you wrote about in a weird way. Thanks for sharing photos. I would love to visit this place in person.

KatrinaJeanCarter.wordpress.com

1. Thank you, that was indonesia language with not corrcet grammar haha lol. Yeah you can go here just call me for another information you need. what a lovely blog you have )